Seorang pakar pendidikan yang melakukan pengamatan pada berbagai
realitas pendidikan, dan menemukan fenomena bahwa di lingkungan primitif
(berbudaya asli), pendidikan dilakukan oleh dan atas tanggung jawab kedua orang
tua terhadap anak anak mereka. Masyarakat suku anak dalam yang menghuni wilayah hutan, hudup
menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya akan berupaya mendidik putra putri
mereka , paling tidak secara sederhana, sang bapak akan membimbing dan melatih
anak anaknya mengenal kehiidupan hutan, seperti buah buahan yang layak makan
dan tidak layak makan. Membuat alat perangkap binatang dan lain sebagainya.
Dari hasil pengamatan nya pakar pendidikan tersebut, bisa kita lihat
bahwa realitas pendidikan adalah upaya yang dilakukan memberikan pengetahuan
oleh orang dewasa (yang memiliki pengetahuan tetang cara bertahan hidup) kepada
generasi dibawahnya, agar generasi dibawahnya tersebut mampu bertahan hidup dan
atau mengetahui cara bertahan
hidup.
Namun apakah arti pendidikan secara luas, mengingat kegiatan transfer
pengetahuan yg terjadi sekarang adalah pada masyarakat modern, bkan masyarakat
promitif lagi. Pendidikan pada masyarakat modern berupaya untuk membekali
generasi muda pengetahuan utk bertahan hidup, sama halnya yang dilakukan orang
tua pada anaknya di masyarakat primitif. Perbedaannya adalah, pada subyek yang
mentrasferkan pengetahuan tersebut dan cara transfer pengetahuannya yang sudah
lebih canggih, metodis dan variatif. Bisa kita lihat proses pendidikan pada
jenjang pendidikan formal SD, SMP dan SMA dst (konteks indonesia).
Sebagai wawasan bagaimana para pakar mendefinisikan pendidikan akan
saya paparkan, agar mendapatkan pengertian dan pemahaman yang universal dengan
berbagai pendefinisian pakar pendidikan secara umum. Secara umum sederhana,
berdasarkan hasil pengamatan pakar pendidikan yang saya paparkan diatas,
pendidikan dapat diartikan sebagai usaha generasi dewasa untuk membina,
transfer nilai nilai budaya masyarakatnya, dan cara bertahan hidup kepada
generasi muda.
Untuk lebh memahami makna pendidikan, untuk membedakannya dan
mendudukannya dengan proses belajar, akan saya buka melalui pendekatan
etimologi dan terminologi
Berdasarkan etimologi.
- Pendidikan berasal dari bahasa yunani yakni Pedagogik, artinya, ilmu menuntun anak.
- dalam bahasa romawi diistilahkan sebagai “Educare”, artinya, mengeluarkan dan menuntun, tindakan merealisasi potensi anak yang dibawa dilahirkan di dunia
- dalam bahasa jerman disebut “Erzichung”, artinya, membangkitkan kekuatan terppenda atau mengaktifkan kekuatan/potensi anak
- dalam bahasa jawa pendidikan diistilahkan Anggulawentah (pengolahan) artinya, mengolah, mengubah kejiwaan, mematangkan perasaan, pikiran dan watak, mengubah keperibadian anak,
- dalam bahasa indonesia pendidikan diistilahkan Pendidikan, artinya, memelihara dan memberi latihan mengenai akhlaq dan kecerdasan pikiran.
- Penjelasan lebih lanjut berasarkan “Dictionary of Educatian” :
Pedagogy : ilmu yang sistematis atau pengajaran yang ebrhubungan dengan prinsip prinsip dan metode2 mengajar, penggawasan dan bimbingan murid dalam arti luas
Education : proses perkembangan probadi, sosial, profesional dan seni untuk membuat memahami ilmu pengetahuan yang tersusun yang diwarisi dan dikembangkan oleh generasi bangsa
Berdasarkan termonologi
a) Ki hajar dewantara : upaya memajukan budi
pekerti, pikiran sehat sserta pikiran ana agar dapat memajukan kesempurnaan
hidup dan menghidupkan anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.
b) Buku Higgher
Education for America Democracy : pendidikan adalah suatu lembaga dalam
tiap tiap masyarakat yang beradab, tetapi tujuan pendidikan tidaklah sama dalam
setiap masyarakat. Sistem pendidikan suatu masyarakat dan tujuan2 pendidikannya
didasarkan prinsip2 cita2 dan nilai
falsafah kehidupan yang berlalku dalam suatu masyarakat,
c) Profl Richi dalam buku Planning for teaching and Introduction Education : pendidikan
berkenaan dengan fungsi yang luas dari pemeliharaan dan perbaikan kehidupan
suatu masyarakat (bangsa) terutama membawa warga masyarakatnya yang baru
(generasi muda) bagi penunaian kewajiban dan tanggung jawabnya di dalam
masyarakat (bangsa). Jadi pendidikan adalah suatu proses yang lebih luas
daripada proses yang berlangsung di dalam sekolah saja. Pendidikan adalah suatu
aktifitas sosial yang esensial yang memungkinkan masyarakat yang kompleks dan modern. Fungsi pendidikan ini
mengalami proses spesialisasi dan melembaga dengan pendidikan formal, yang
tetap berhubungan dengan proses penfifikan formall di luar sekolah.
d) Prof lodge dalam buku Philosophi of Education :
pendidikan secara sempit adalah pendidikan dibatasi pada fungsi tertentu
pada asyarakat, yang terdiri atas penyerahan adat istiadat dengan latar
belakang sosialnya, pandangan hidup masyarakakt itu kepada warga masyarakat
generasi berikutnya.
e) Menurut Brubacher dalam bukux Modern philosophies of education :
pendidikan merupakan perkembangan yang terorganisasi dan kelengkapan dari semua
potensi manusiawi, moral, intelektual dan jasmani oleh dan untuk keperibadian
individunya serta kegunaan masyarakatnya yang diarahkan demi menghimpun semua
aktititas tersebut bagi tujuan hidupnya
Kesimpulan pengertian Pendidikan
Berdasarkan tinjauan etimologis dan terminologis diatas maka bisa
disimpulkan bahwasannya Pendidikan merupakan transfer pengetahuan, nilai nilai
budaya masyarakat dan nilai nilai ketuhanan dari generasi lama kepada generasi
baru di suatu masyarakat, dengan tujuan agar generasi baru tersebut bisa
berkontribusi pada kualitas kehidupan bermasyarakat
sebagai bentunk penunaian tanggung jawab sosialnya, dan memenuhi kebutuhan
dirinya secara individu.
Realitas2 pendidikan
a) Tuhan mengajarkan adam berkomunikasi ketika
ada diturunkan ke muka bumi.
b) Adam mengajarkan Qobil dan Habil bercocok
tanam.
c) Ibu mengajarkan anaknya mencuci piring.
d) Ibu mengajarkan anaknya untuk berbicara
sopan, mngenalkan berbagai kosakata yang halus utk digunakan dalam keseharian.
e) Ibu menghukum anaknya karena pulang malam.
f) Ibu memberikan pujian karena anaknya rajin
belajar.
g) Pendidikan formal TK-Perguruan tinggi.

No comments:
Post a Comment