Dimana dalam paradigma tersebut, kurikulum di gunakan sebagai perangkat
belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, salah satunya adlah tujuan
keterampilan. Kurikulum dimaknai sebagai jenjang pembelajaran yang harus
dilalui seseorang yang belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran.
Kurikulum dalam berasal dari bahasa yunani, yang berarti jarak tempuh
yang digunakan untuk orang berolah raga maraton. Jarak tempuh tersebut bisa
dijadikan analogi kurikulum sebagai alat proses pembelajaran pencapaian
keahlian, dimana garis finish sebagai target keterampilan, dan rute jalan
tempunya sebagai batasan informasi, pengetahuan dan keterampilan yang harus
dilewati dalam proses internalisasi pembelajaran untuk mencapa target keterampilan.
Banyak ilmuwan, pakar pendidikan, bahkan UU memiliki definisi berbeda
terkait pengertian kurikulum. Perbedaan tersebut selalu berbeda dan berkembang
sesuai dengan perkembagan teori dan praktik pendidikan pada konteks subyek yang
mendefinisikan pengertian kurikulum tersebut. namun demikian dari perbedaan
tersebut, untuk mengerti maksud kurikulum yang dimaksud oleh kalangan umum,
bisa diketegorikan dalam 4 dimensi pengertian kurikulum, sebagaimana berikut:
a) Kurikulum sebagai ide atau gagsan untuk
mencapai suatu tujuan pembelajaran
b) Kurikulum sebagai suatu rencana tertulis yang
sebenarnya merupakan perwujudan kurikulum sebagai ide/gagasan untuk mencapai
tujuan pembelajaran
c) Kurikulum sebagai suatu kegiatan, atau
implemenntasi kurikulum sebagai suatu rencana tertulis
d) Kurikulum sebagai suatu hasil yang merupakan
konsekuensi kurikulum sebagai suatu kegiatan
terimakasih, sangat membantu sekali
ReplyDelete